Translate

15.1.15

Pengertian Hosting, Domain beserta Fitur dan Jenisnya


Karena maraknya transaksi maupun jual beli online yang terjadi sekarang ini, apakah itu berasal dari blog, e-mail, maupun website, sehingga mempermudah kita untuk melakukan transaksi perbankan ataupun jualbeli, ada juga yang hanya mencari informasi. Tetapi tahukah anda bila blog, e-mail, maupun website semua itu ada rumah dan alamatnya ?
Itulah yag di sebut dengan Hosting dan Domain.
Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "yahoo.com". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website (Sumber Wikipedia)
Ilustrasinya sebagai berikut :

Ada beberapa Fitur Domain :

1.    Addon Domain
Addon domain adalah salah satu fitur multiple domain di hosting, dimana dalam sebuah hosting yang sama dapat menyimpan beberapa nama domain dengan situs yang berbeda. Ini artinya Anda tidak harus selalu menyiapkan paket hosting untuk setiap domain yang dibeli — lebih hemat biaya tentunya. Nantinya saat domain yang ditambahkan (addon) diakses dari browser, maka konten situs yang ditampilkan berbeda dengan domain utama.

2.    Parked Domain
Serupa dengan fitur addon domain, parked domain juga merupakan fitur multiple domain di hosting, hanya saja domain baru yang ditambahkan ke hosting tidak bisa memiliki situs yang berbeda. Parked domain juga dikenal sebagai domain aliasing. Nantinya saat domain baru yang ditambahkan (parked) diakses dari browser, maka konten situs yang ditampilkan sama dengan domain utama.

3.    Subdomain
Berbeda dengan kedua fitur di atas, Subdomain digunakan untuk memetakan direktori yang ada di hosting dengan format penamaan http://sub.domain.apa. Fitur ini banyak digunakan untuk menyederhanakan pemanggilan URL yang panjang dan agar lebih mudah diingat.
Sedangkan Hosting pun memiliki beberapa Jenis:
1. Shared hosting yaitu hosting/server yang digunakan secara bersama-sama (berbagi) oleh banyak pelanggan. Hosting jenis ini paling banyak dipilih karena harganya jauh lebih murah.
2. Virtual Privat Server (VPS) adalah server hosting yang digunakan secara pribadi (privat). Pelanggan VPS mempunyai akses penuh terhadap VPS tidak seperti Shared yang terbatas pada level user. Dalam 1 server masih dimungkinkan digunakan oleh beberapa user. 
3. Dedicated server adalah sebuah server yang benar-benar digunakan perorangan. 1 server 1 pengguna. Server ini memiliki tingkat security yang tinggi karena tidak ada intervensi dari pengguna lain. Biasanya digunakan oleh perusahaan corporate yang memiliki data-data penting dan situs-situs yang memiliki trafik puluhan ribu perhari 
4. Cloud Hosting adalah teknologi hosting dimana file-file hosting ditempatkan dilebih dari 1 server. Sistem pembayarannya pun berbeda dengan tipe hosting lain. Sistem pembayarannya pun cukup unik. Klien hanya akan dikenakan biaya sesuai dengan resource yang digunakan
Semoga Bermanfaat Kawan ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar